Dalam melakukan pemasaran, pelanggan dan kompetitor adalah faktor
yang perlu diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai anda kehilangan pelanggan
hanya karena lalai langkah pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor.
Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengetahui dengan pasti
apa sih sebenarnya keinginan dari pelanggan anda? Penting untuk elalu berusaha
dapat memuaskan pelanggan. Cara untuk mengetahuinya, kita bisa melakukan
survey. Banyak cara melakukan survey pasar dan anda tidak mesti kaku atau
terpatok pada aturan-aturan baku. Anda dapat mewawancarai beberapa orang dengan
cara mengobrol. Mengobrol membuat anda mampu menggali banyak informasi dengan
cara yang santai dan tidak menegangkan. Sehingga orang yang anda wawancarai
dapat secara leluasa dan nyaman mengutarakan pendapatnya. Gali dan temukan
informasi dari berbagai sumber.
Hal ini sangat penting, sebab seperti yang telah disebutkan di atas,
jika Anda bersikap cuek, pelanggan bisa lari kepada pesaing Anda. Anda akan
kehilangan uang dan kompetitor Anda akan semakin sukses. Situasi seperti ini
tentunya akan semakin menyulitkan anda.
Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Anda bisa mendapatkan
jawaban sesungguhnya apa yang bisa memuaskan pelanggan anda. Jangan sampai
kompetitor melakukan survey lebih dulu daripada anda. Pelanggan terbaik Anda
pastinya juga prospek terbaik bagi para pesaing. Jika satu pelanggan terlepas
dan lari kepada pesaing, maka Anda harus bertanya, apakah pesaing menawarkan
produk atau jasa yang lebih baik, atau mungkin mereka lebih bagus dalam bisnis
dibanding Anda.
Berikut ini beberapa pertanyaan mendasar yang perlu Anda tanyakan
kepada pelanggan seperti dikutip dari David. G:
· What do
you like about buying from us?
· Why did
you buy from us in the first place?
· What
problems did you have before you bought from us?
· How did
we help you solve those problems?
· How are
things better for you now?
Mengetahui
keinginan pelanggan itu penting, namun faktanya banyak perusahaan melupakannya.
Jangan Anda melakukan hal yang sama.Kembangkan metode survey pemasaran Anda misalnya dengan memulai beberapa brainstorming, focus group discussion, riset pasar, atau cara-cara lain.
http://artikelperilakukonsumen.blogspot.com/