SEGMENTASI
PASAR DAN PEMBELIAN
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar
menjadi kelompok-kelompok pembeli
yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda
yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi
pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis
para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Dalam penetapan segmentasi pasar, terdapat beberapa hal yang
menjadi dasarnya yaitu:
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
·
Variabel geografi
Variabel tersebut,
antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
·
Variabel demografi
Variabel tersebut,
antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll.
·
Variabel psikologis
Variabel tersebut,
antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel tersebut,
antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status
kesetiaan dan sikap pada produk.
Dasar–dasar segmentasi pada pasar industri
- Tahap
1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi
geografis, dan banyaknya langganan.
- Tahap
2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk,
dan pelanggan.
Syarat
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
- Dapat diukur
- Dapat dicapai
- Cukup besar atau cukup
menguntungkan
- Dapat dibedakan
- Dapat
dilaksanakan
Tingkat
Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap
pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi
pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
- Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam
cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
- Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli
berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
- Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche)
berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu
grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
- Pemasaran
mikro
Praktik penyesuaian produk dan program
pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk
dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Manfaat
Manfaat dari segmentasi pasar adalah:
- Penjual atau produsen berada
dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan
pemasaran.
- Penjual atau produsen dapat
menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda,
sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai
segmen.
- Penjual atau produsen dapat
mengatur produk lebih baik dan daya
tarik pemasarannya